APA YANG DIMAKSUD AR DAN VR ?

Pada tugas yakali ini saya disuruh untuk mempelajari tentang AR dan VR .
Apa sih AR dan VR itu ??
Bagi yang belum tau mengenai AR dan VR coba baca blog saya ini, semoga dapat membantu kalian yaa…
– Augmented Reality
Salah satu definisi mengenai AR ini adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, namun Augmented Reality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Dari definisi diatas, saya mengambil kesimpulan bahwa AR itu merupakan gabungan antara dunia nyata dan dunia maya. Teknologi AR ini biasanya dipakai oleh beberapa perusahaan pembuatan film, iklan dan yang lainnya supaya dapat menarik minat masyarakat agar menonton film tersebut atau membeli produk yang dipasarkan.
– Virtual Reality
Berbeda dengan AR, kalo VR itu ialah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
Penggunaan teknologi VR ini biasanya digunakan untuk pelatihan atau simulasi berbagai kegiatan. Simulasi dengan teknologi VR ini memiliki beberapa keuntungan. Yang pertama dapat menghemat biaya pengeluaran yang ada (karena untuk simulasi itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit). Kedua dapat menghemat waktu, dan ketiga dapat menghemat energi (karena dengan simulasi seperti ini yang dibutuhkan bukan energi , melainkan hanya dengan menggunakan panca indera saja). Mungkin masih banyak manfaat lainnya, terutama dapat menambah pengetahuan bahwa teknologi sekarang sudah semakin canggih. Semua bisa digunakan dengan cepat dan instant.

Augmented Reality (AR) atau Realitas Tertambah merupakan suatu lingkungan environment) yang mampu menggabungkan objek nyata dan maya (virtual) menjadi satu dalam waktu yang nyata (realtime). Teknologi ini merupakan variasi dari Virtual Environment (VE) yang secara menyeluruh membenamkan (immerse) pengguna dalam satu lingkungan sintetik.

Ronald T. Azuma, peneliti AR, menjelaskan, AR sejatinya variasi lain dari realitas virtual (Virtual Reality). Teknologi realitas virtual membenamkan pengguna secara total pada lingkungan sintetis. Ketika masuk dalam dunia buatan itu, kita tidak dapat mengenali lingkungan nyata di sekitarnya.

Di Indonesia, teknologi AR ini sebenarnya bukan teknologi baru meski banyak yang belum mengenalnya. Sudah lumayan banyak perusahaan di negeri ini yang menggunakan teknologi AR ini, misalnya Kompas, minuman ringan teh botol Sosro, salah satu perusahaan rokok, dll.

Aplikasi AR yang awalnya dipakai untuk pembuatan pesawat Boeing tahun 1950-an ini justru sebaliknya. Ia tidak memisahkan yang nyata dengan virtual, malahan yang terjadi adalah penggabungan antara keduanya pada ruang yang sama.

Survei Azuma atas pemakaian AR dalam papernya menunjukkan 3 hal yang menjadi ciri khusus: AR menggabungkan antara realitas sebenarnya dan virtual bersifat interaktif saat itu juga serta memakai gambar tiga dimensi.

Pemakaian aplikasi makin meluas karena banyak sekali kegunaannya, selain sebagai permainan yang mengasyikkan. Di situs YouTube, kita bisa menyaksikan demo perbaikan mobil BMW memakai teknologi AR. Dalam situs itu, melalui kacamata khusus, pemilik BMW dapat memperbaiki kerusakan radiator tanpa harus ke bengkel. Video cara memperbaiki mobil itu tahap demi tahap memberikan petunjuk alat dan bagaimana cara memasang komponen kipas angin dengan menggabungkan gambar 3D dan video nyata mesin BMW.

Di Jepang dalam situs web tobi.com, sebuah perusahaan bisnis pakaian menawarkan terobosan pemasaran baru. Sebagai pembuat pakaian yang memakai jasa internet untuk menjual produknya, tentu saja mereka kesulitan jika harus menyediakan fitting room.

2 responses to “APA YANG DIMAKSUD AR DAN VR ?

  1. artikel nya bermanfaat, trima kasih banyak gan info nya… thx

    —————————————————————–

    http://virgokomputer.com/ Menyediakan layanan komprehensif laptop yang termasuk perbaikan dan perawatan.Kami memastikan melalui pemeriksaan bagian dari faulty laptop dan efisien dengan layanan penggantian asli Spare part . Kami menawarkan efisien Service DC power jack ,Service Mainboard laptop ,Service layar LCD laptop dan komponen lainnya Kami juga menawarkan penggantian keyboard,Laptop AC Adapters Laptop, baterai Laptop, engsel Laptop, CPU Laptop dan hard drive Laptop replacements, CD-ROM Laptop , CD-RW Laptop dan DVD Laptop replacements dan banyak lagi.

Tinggalkan komentar